Powered by Blogger.

Malam Takbir Story

Bulan Ramadhan telah berlalu,datanglah hari raya Idul  Fitri yang dinanti-nanti.Semua umat muslim menyambutnya dengan senang dan gembira,begitu juga gue.

Bersama teman-teman sepermainan rumah,pada malam takbir gue dan 5 orang lainnya ikut takbiran di masjid dekat rumah.Karena letaknya di dalm gang,jadi yang takbiran dan da di masjid hanya beberapa orang.Awalnya takbiran masih lancar,lama-kelamaan pada males dan takbiran berhenti. Dilanjutkan derngan main di dalam masjid,sebelumnya masih nggak berani untuk main,tapi orang dewasa yang nemenin kami di masjid ada di luar.Tidak lama mereka masuk,otomatis kami berhenti main.Lanjutin takbiran yang ditemenin sama marbot masjid & mahasiswa jurusan agama Islam yang namanya kak Seno.Cuma sebentar takbiran,Kak Seno pergi ke rumah dengan motornya entah mau ngapain.
Tinggal ada marbot sama anak-anak saja.Karena Kak Seno pergi,gue dan lainnya berani main di dalam dan diluar masjid.Pertama,kita semua keluar main mercon di jalan masjid yang sepi.Yang takbiran marbot sendirianJenis merconnya mercon disko.Mercon andalan kami.Yang warnanya bisa berubah-ubah,selain itu suaranya yang lumayan keras.

Mercon sudah habis dibakar dan meledak,gue dan yang lainnya duduk-duduk di depan  masjid sambil ngobrol dan ketawa.Adek Abu mau ngambil sendalnya di tangga depan masjid.Untuk menyusul kami di luar.Tapi gak ada,rupanya disumputin Abu kakaknya

‘Sendal gua mana ya ?’
‘Tau’kata gue  sambil mengangkat pundak tanda tidak tahu.Padahal gue tahu kalo Abu yang nyumputin.
Adek Abu nyari sana-sini gak ketemu,lama kelamaan dia tahu kalo kakaknya sendiri yang nyumputin.
‘Sini geh mas !' pintanya
‘Ambil lah’kata Abu.
Sendalnya dilempar ke gue. Gue ambil,jangan sampe diambil adek Abu.
‘Mau ?nih ambil !’ seru gue sambil  ngelempar sendak ke Gilang.Begitu juga gue, semuanya saling lempar sendal supaya nggak diambil adek Abu.Yang seumuran gue pasti tau lah.Kenakalan anak-anak nyumputin sendal.

Adek Abu udah mulai mau nangis.Gue kaget,kak Seno ada di depan gerbang masjid ngeliatin kami sedang jail.Nggak ada yang nyadar kalo kak Seno udah balik ke masjid.Yaudah gue berhenti.Sendalnya ada di tangan gue.Yang lainnya juga berhenti.
‘Kasih sendalnya !!’perintah kak Seno
‘Iya kak’kata gue yang sendalnya terhenti di tangan gue.
Memang kita semua sering ngejailin dia.Karena dia botak,kecil dan paling muda di antara kami semua.

Semuanya masuk masjid,melanjutkan takbiran sambil makan kue.
Kak Seno pergi lagi entah kemana.Takbiran berhenti,lanjut main.Tapi sekarang main kejar kejaran di dalam masjid.Walaupun ada marbot,nggak dimarahi lari-lari di dalam masjid.

Semuanya udah pada jadi.Tapi kami sepakat untuk ngincer anak kecil kelas 2 SD adeknya Abu.
Untuk jadi.Nutup pintu masjid saat adek Abu datang biar dia nggak bisa masuk.Ada yang nyumput juga di balik tumpukan sajadah dan di bawah meja.Alhasil,adek Abu kesal dan marah mau nangis.Nggak mau lanjutin main.Karena jadi terus. Kejar sana kejar sini,gak dapet-dapet.

’Woi kejer geh!’
‘Iya apa kali gak mau jadi’
Olok-olokan terjadi,adek Abu makin kesal.Sekarang ngejarnya pake emosi.Tapi tetep aja gak kena.Terus nangis.

‘Dasar bocah’jeplak Bahri

Akhirnya Abu sebagai kakak ngalah,minta dikenain adeknya biar Abu yang jadi.Senangnya bukan main.Dia ketawa sambil dikejer.Tak lama,adek Abu tetap jadi lagi.Wajah senangnya berubah jadi kesa.

Sudah jam setengah sebelas.Abu dan adeknya pulang dijemput sama Ibu mereka.
 'Bu,itu ibu lo.'ujar Didi
Ibu Abu melambaikan tangan tanda memanggil anaknya dari kejauhan.

'Gue pulang dulu ya' kata Abu mengakhiri permainan.
 Tinggal tersisa 4 orang lagi.Permainan berhenti

‘Udahan yuk’ kata gue.
‘Yaudah takbiran aja’seru gilang.
Takbiran dilanjutkan secara bergantian.Tapi tetap aja takbiran megang mic sambil jalan -jalan .Kak Seno datang,menyuruh bersihkan masjid untuk shalat Ied besok.
Sajadah disapu,gelar sajadah lagi.Terus ngeluarin vakum cleaner karena capek nyapu terus.
Melelahkan tapi seru.Kenangan yang nggak bisa gue lupain juga meskipun temen-temen rumah gue kebanyakan anak SD.

Jam menunjukan pukul setengah dua belas malam.Gilang dijemput bapaknya.Bukan kayak jemput anak sekolah yang udah waktu pulang sekolah,tapi karena dia risau kalo anaknya belum pulang.
Tinggal tiga orang lagi.
'Pulang juga yok' kata gue ke nugraha
'Kenapa ?' tanya nugraha
'Dah malem' jawab gue
 kami berdua pulang sejalan dan serumah karena dia adek gue
Temen gue yang satunya nyusul pulang ke rumahnya karena sendirian.

Dari situ,gue berharap semoga masih bisa bertemu di bulan Ramadhan tahun depan dan main dengan teman-teman gue yang kocak.

0 Response to "Malam Takbir Story"

Blog Archive

Total Pageviews