Powered by Blogger.

Acara-acara TV yang nggak bermutu

Kemarin gue nonton TV lokal.Karena di tempat tinggal gue yang masih tinggal sama orang tua itu gak pakai TV langganan.
Gue gak tau mau nonton acara apa,cuma sibuk mencetin remote TV nyari acara yang bagus.
Gak ada yang isinya segi hiburan di acara-acara TV lokal.

Acara zaman dulu sama zaman sekarang itu sangat sangat jauh berbeda.Banyak yang nggak bermutu dan nggak jelas.
Sebelum itu,nggak ada salahnya mari kita ketahui bagaimana sejarah TV.


Berawal dari TV yang ditemukan oleh John Logie Baird pada tahun 1920-an.Lantas apakah TV dapat berfungsi tanpa siaran??tentu saja tidak.Akhirnya siaran pertama kali dilakulan oleh BBC pada tahun 1929.Awalnya TV Indonesia menggunakan aki untuk mengoperasikan-nya. Karena belum ada listrik.Dan gambarnya juga masih hitam putih,padahal Bumi warnanya gak hitam putih doang.Setelah itu TV mengalami revolusi.Dari yang tadinya hitam putih,berubah menjadi TV berwarna.

Untuk TV Indonesia,channelnya cuma TVRI.Bentuk TV nya juga masih bentuk tabung dan tombol analog-nya seperti pengganti siaran radio.Seiring perkembangan zaman dan waktu,banyak bermunculan channel-channel untuk
mengisi TV.Yaiyalah,kalo gak ada channel,mau nonton apa??
Pada tahun 2000-an TV tabung berubah menjadi TV layar datar yang lebih Oke.,tentunya tidak menghilangkan fungsi utama TV,apalagi kalau bukan untuk di tonton.
Dan zaman sekarang,TV tidak lagi hanya bisa untuk menonton siaran,bahkan ada TV yang dapat digunakan untuk internetan.Wuiih...mantap.

Perkembangan acara TV
Gue merupakan anak yang hafal keras acar TV waktu tahun 2012-2015.Tapi sekarang gue jarang nonton TV,ditambah gue lebih perhatian ke android gue,abis itu pulang sekolah juga sore.Sampai gue kaget melihat perkembangat TV yang begitu pesat sejak gue jarang aktif di depan TV selama setahun terakhir.
Tapi,gue melihat acara-acara nya itu banyak yang tak bermutu.Atas dasar itulah gue mengulik perkembangan acara TV zaman dulu dan zaman kini.

1.Berkurangnya Kartun 

Zaman dulu,TV isinya kebanyalan kartun.Dari pagi,lanjut siang hari,ditambah malamnya juga.Dulu gue juga suka sama  kartun-kartun Global TV,yang tayang setiap pagi.Salah satunya Spongebob.Gue gak pernah absen nonton kartun legend ini.Dilanjut lagi siangnya ke ANTV.Isinya juga full kartun,gue suka MR.Bean kartun & Masha and the bear yang lagi jaya-jayanya saat itu.
Kalau sorenya,gue ganti ke Upin & Ipin,mendidik dengan religiusnya dan pengalaman anak kampung.Yang tidak salahnya kita tiru.

Tapi sekarang,setiap pagi kartun jarang muncul.Termasuk Spongebob Squarepant yang kabarnya akan diblokir sama KPI alias Komisi Penyiaran Indonesia
Masih sih ada kartun sekarang,tapi tidak seramai dulu.
Jadi,anak kecil zaman sekarang mau nonton apa,kalau kartun nggak tayang di TV.Kasihan mereka yang tidak punya hiburan selain TV.Kalau anak orang kaya okelah dia bisa nonton lewat YouTube.Kalau orang kurang mampu,mereka tidak punya hiburan

2.Sinetron Nggak Jelas

Sinetron jarang tayang,pada zaman dulu.Walaupun tayang juga jalan ceritanya masih nyambung. Kalau sekarang,jalan ceritanya aneh-aneh dan juga nggak nyambung semua.Kebanyakan fiktif belaka,nggak real.Ngeditnya juga gak jelas.Kayak ngdit naga,naganya masih keliat kasar gitu.Memang mereka itu ngedit pake apa sih.Ceritanya juga kebanyakan tentang soal perebutan harta,menjodohkan anaknya yang anaknya sendiri nggak mau dijodohin sama dia,sama soal cinta monyet.Gue sih juga nggak suka nonton sinetron,tak menghibur dan tak mendidik.Betul nggak....

3.Maraknya Film India

Kalau zaman dulu TV dipenuhi dengan kartun,berbeda dengan sekarang yang menampilkan film India.Bermula dari film Mahabaratha yang sukses memikat perhatian penonton di salah satu stasiun TV swasta.

Waktu demi waktu,terus bertambah film yang diproduksi.Episodenya pun tak tanggung tanggung,sampai beratus-ratus episode bahkan sampai beribu-ribu episode.Salah satunya film India yang pernah tayang di Colors TV dan sekarang ditayangkan di Indonesia.Episode pertamanya dimulai tanggal 1 Desember 2008 dan berakhir 16 Januari 2015.Berjumlah 1.549 Episode.Gilee kan.Biasanya penikmat film ini adalah para ibu-ibu rumah tangga.
Salah satunya Ibu gue siih...

4.Acara Musik Palsu

Pagi hari coba deh kalian nonton TV pasti ada acara musik.Perhatiin,kalau artisnya lagi nyanyi mereka itu kayak nyanyi tanpa suara.Cuma menggerakkan mulutnya.Atau bahasa kerennya lipsync.Perhatikan juga band pengiringnya,yang main gitar kok gitarnya bisa berfungsi tanpa kabel.Keyboard-nya juga begitu,bisa nyala tanpa kabel.
Mana bisa kan.Okelah kalian ber-positive tinking kalau instrumentnya pakai teknologi wireless.

Itulah opini gue tentang perkembangan acara Televisi Indonesia.Gue nggak bermaksud menjelekkan stasiun TV atau acara-acara TV itu,tapi gue sangat sayangkan kualitas penyiaran Indonesia semakin rusak.Ada yang bilang kalau YouTube lebih dari TV.Orang juga jarang menonton TV,lebih menggunakan YouTube sebagai hiburan.Karena TV kurang menghibur dan acaranya tak menarik dan tak mendidik.Apalagi smartphone memiliki harga yang sangat  terjangkau,mengakibatkan YouTube menjadi marak digunakan.

Oke,Silahkan kalian comment di bawah.Acara TV apa saja yang mengalami perkembangan.

0 Response to "Acara-acara TV yang nggak bermutu"

Blog Archive

Total Pageviews