Powered by Blogger.

Catatan Ramadhan si Boy

Sekarang adalah bulan Ramadhan.Bulan yang penuh dengan ampunan.Bulan untuk memperbanyak pahala.Di bulan ini juga umat muslim se-dunia diwajibkan berpuasa.Gak boleh makan dan minum.Dan harus menahan nafsu.Juga gak boleh ngomongin orang.Menurut salah satu hadits,"orang yang diam saat berpuasa sama dengan orang yang sedang bertasbih.
Selama bulan Ramadhan,gue gak tau harus ngapain.Ulangan udah selesai,di sekolah juga cuma pesantren Ramadhan sambil nunggu bagi raport.


Setiap hari gua dibangunin antara jam tiga sampai jam empat.Pastinya ya buat sahur.Ibu gue udah nyiapin semua makanan sahur.Selesai sahur gue gak tidur lagi.Tapi salat subuh habis itu gue langsung ke luar rumah untuk main basket.Walaupun puasa olahraga harus tetap jalan.Meskipun keringat bercucuran.Gak akan menghalangi untuk tetap berolahraga.
Selama puasa,siang harinya gue bingung mau ngapain.Paling main hp,buka Instagram,tapi di instagram astaghfirullah,kadang gue nemuin foto yang buat batal puasa.Lo tau sendirilah kayak mana.Akhirnya Instagram gua gak gua buka-buka,keculai kalo ada info.


Udah gitu gue juga harus berhemat supaya kuota gue gak habis.Itu yang bikin gue lebih bosen lagi.Gak ada kerjaan,kuota juga harus hemat.Paling kalau zuhur gue ke masjid,selesai sholat baca
Al-Quran 3 lembar.Ashar juga gitu.Setiap hari gue menghabiskan waktu hanya di rumah doang.Keluar juga cuma kalo sekolah.
Temen ngajak bukber tapi sampe sekarang belum kesampean.
Tak terasa maghrib tiba.Waktunya untuk buka puasa.Buka dengan seadanya juga sudah cukup.Padahal tadinya laper banget,cuma buka pake es teh sama gorengan doang kenyangnya kayak udah makan nasi 2 piring.Itulah hebatnya puasa.Subhanallah.
 



Salat maghrib tak dilupakan.Selesai salat,gue langsung ambil nasi terus makan malem.Mungkin keluarga gue beda dengan keluarga yang lainnya.Kalo keluarga gue makan malem abis salat maghrib,mungkin keluarga yang lain makan malem abis salat Tarawih.
Setiap bulan Ramadhan,ada salat sunah setiap malemnya yaitu salat Tarawih.Tarawih tahun ini dengan tahun 2015 beda banget.Dan lebih seruan tahun kemarin.Tahun kemarin,gue sama temen rumah gue selalu tarawih.Salat isya selalu dikerjakan.Selesai salat ada Qultum alias Quliah Tujuh Menit oleh ustad yang diundang.Kami nggak dengerin Qultum,malah keluar masjid asyik main di lapangan samping masjid.Setiap malam pasti selalu rame anak-anak.Gue dan yang lainnya gak main mercon,paling cuma main kejar-kejaran atau cuma ngobrol.Ada juga sih yang main mercon,bahkan sampai ada yang ngerokok.Tapi itu bukan geng kami.Suara berisik terdengar sampai dalam masjid.Sehingga mengganggu jamaah yang ada di  dalam.Karena kesal,marbot masjid yang cukup galak keluar dan menjewer telinga salah satu dari kami.

Gue dan lainnya tanpa ba-bi-bu
cepet-cepet kabur dari situ kayak dikejer kuntilanak.Ada yang balik ke rumah nya,ada yang nyumput,pokoknya
macem-macem lah.Kalo gue,sama beberapa teman gue,ngumpet di depan rumah samping masjid itu.Pelan-pelan melihat situasi,apa masih ada marbotnya atau sudah pergi,Ternyata dia nunggu di depan pintu masjid.Udah kayak buronan aja.Meskipun begitu,itu hal yang lucu yang tidak bisa gue lupain sampai sekarang.
 

Pelan-pelan kami melangkah dengan tenang dan pasti menuju depan masjid,mengecek situasi.Salah satu dari kami masih buat ulah lagi yang namanya Meong (bukan nama aslinya,nama aslinya Akbar).Dia ngelemparkan batu ke tiang listrik yang ada di samping masjid.Otomatis,suara nyaring terdengar.Kami langsung lari ngacir.Walaupun sudah menggangu,kami tak pulang ke rumah seperti seorang pengecut,tetap akan melaksanakn Tarawih,meskipun harus di omelin. Gue dan yang lainnya masuk saat salat Tarawih sudah mulai.Cepat-cepat ambil wudhu,langsung salat.Dua temen gue yang namanya kodok dan capung (bukan nama aslinya,nama aslinya Baim dan Mukti) di jewer sama marbotnya.Untung gue nggak.Untungnya lagi,kedua orangtua gue tarawih di rumah.Coba kalo tarawih di Masjid.Beehh,udah jadi buronan marbot,di rumah masih di marahin mungkin. Setiap malam kami melakukan itu,tapi gak membuat berisik lagi.Paling cuma ngobrol atau main uber hem.Itu di tahun 2015.
Sedangkan di tahun 2016,suasana berbalik 180°.Anak-anak sedikit yang mengikuti Tarawih.Tidak ada keseruan lagi.Tapi gue sadar,mungkin si tahun ini gue emang disuruh khusuk ibadah.Gak boleh main saat Qultum berlangsung,atau membuat jamaah terganggu.

Setiap hari itu yang gue kerjain selama puasa.Bagi yang menjalankan ibadah puasa,jangan bolong puasanya sampai 
1 Syawal nanti.Dan bagi yang tidak berpuasa,silahkan makan dan minum,tapi harus tetap toleransi antar agama.Karena Indonesia merupakan negara yang bermacam-macam suku,agama,dll.
Tetap junjunglah Bhinneka Tunggal Ika.Walaupun Berbeda Namun Tetap Satu


MARHABAN YA RAMADHAN

0 Response to "Catatan Ramadhan si Boy"

Blog Archive

Total Pageviews